Untuk kita pecinta fotography masalah jamur pada lensa adalah momok yang menakutkan, oleh sebab itu kita harus merawat lensa kamera agar tidak berjamur. Tidak hanya lensa saja tapi kamera, lampu dan alat penunjang lain membutuhkan perawatan yang baik agar awet dan kinerjanya tetap optimal. Gejala awal akan terlihat ciri-ciri noda berupa bercak atau kotoran menyerupai jamur, mungkin kecil awalnya tapi kalau dibiarkan lama-lama noda jamur akan membesar dan mengurangi kinerja lensa.

Karena lensa berjamur maka hasil jepretan anda akan kurang maksimal. Kalau anda mengambil gambar yg banyak objek atau dengan bukaan diafragma besar f/1,8 noda jamur tidak akan terlalu kelihatan. Tapi kalau anda coba mengambil gambar pemandang dengan langit sore maka akan terlihat noda hitam. Apabila anda wedding fotographer dan memotret pengantin dengan gaun putih maka akan ada semacam flare atau cahaya yang memantul dari baju.

Nah oleh karena itu untuk menghindarinya simak Tips Untuk Merawat Lensa Kamera Anda Agar Tidak Berjamur dibawah ini:

1. Hindari kontak langsung.
Hindari kontak langsung atau menyentuh bagian optik lensa dengan jari. Hal ini menjadi penting karena bagian tubuh seperti tangan cenderung basah dan lembab, jika menyentuh bagian optik akan meninggalkan noda dan jika dibiarkan noda tersebut dapat menjadi awal tumbuhnya jamur. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal  menuju lensa.

Gunakan penutup lensa Tips Untuk Merawat Lensa Kamera Anda Agar Tidak Berjamur

image source: www.canonrumors.com

2. Gunakan penutup lensa.
Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak dipergunakan, hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan lensa.

3. Hindari pergantian suhu ekstrim.
Hal ini maksudnya jika lensa digunakan berpindah tempat secara ekstrim seperti dari daerah yang bersuhu panas (pantai/daratan)  ke daerah yang bersuhu dingin/kelembaban tinggi (pegunungan, lembah, goa) atau sebaliknya sangat rentan terhadap tumbuhnya jamur. Siapkan tas khusus dan sarung tas anti hujan (cover bag) apabila perlu bawa dry box. Hal ini memang agak merepotkan, namun jika di hitung dengan harga barang yang kita bawa bisa menjadi pertimbangan.

Menbersihkan lensa Tips Untuk Merawat Lensa Kamera Anda Agar Tidak Berjamur

4. Bersihkan dengan alat yang baik.
Jika kegiatan membersihkan lensa diperlukan, maka mempergunakan peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan. Selalu pergunakan lens brush, lens blower , lens paper dan lens cloth yang baik.

5. Matikan tombol Af.
Pada saat lensa tidak digunakan usahakan mengubah pengaturan lensa dari autofocus (AF) ke mode manual (M) termasuk mode VR (Vibration Reduction). Gunanya agar jika ring focus berputar secara tidak sengaja lensa tidak akan rusak.

6. Simpan di dalam Dry box.
Setelah melakukan langkah-langkah diatas lalu simpanlah perangkat lensa dan kamera di dalam dry box  untuk mejaga suhu tidak lembab.

Itulah tips untuk merawat lensa kamera anda agar tidak berjamur, semoga lensa anda dapat digunakan untuk waktu yang lama dan kalau pun mau dijual harganya tetap tinggi.